Kamis, 08 Maret 2012

TUGAS 1 MATA KULIAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER


KEterkaitan IMK/HCI dengan disiplin ilmu BERIKUT DIBAWAH INI :

1.   Computer Science  ( ILMU KOMPUTER )

*        Berbagai jenis komputer mulai dari desktop sampai large-scale computer system
*        Sistem untuk mengontrol suatu proses.
*        Software & hardware

2.     Cognitive Psychology  ( PSIKOLOGI KOGNITIF )

*    Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan software sangatlah dibutuhkan dalam IMK, mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda.
*    Dalam perancangan program, harus diperhatikan :
     - siapa target pengguna program
     - bagaimana lingkungan nya
     - bagaimana perilaku mereka secara umum
*      sehingga hasil program lebih user friendly.

3.     Social and Organizational Psychology  (SOSIAL DAN ORGANISASI PSIKOLOGI )
*    Didalam merancang program, perlu dipikirkan terlebih dahulu tentang siapa target pengguna program, bagaimana suasana lingkungan, perilaku pengguna, dsb. Dari studi yang pernah dilakukan, lingkungan sosial mempengaruhi cara manusia menggunakan komputer. Hal ini menjadi pertimbangan dalam pengembangan sistem komputasi kolaboratif karena jika sistem kolaboratif yang ada menghalangi interaksi antar manusia, akan sangat merugikan. Sistem komputer dapat dirancang untuk orang yang memfokuskan diri secara penuh pada suatu pekerjaannya mengawasi berbagai aktivitas.  

4.     Ergonomics and Human Factors   ( ERGONOMI DAN FAKTOR MANUSIA )

*  Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.
*   Manusia yang bekerja di depan komputer, biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama. Maka letak meja, kursi, monitor, keyboard, mouse, posisi duduk, pengaturan cahaya, kebersihan dan berbagai aspek lain sangat berpengaruh terhadap interaksi

5.     Engineering   ( TEKNIS )

*  Suatu produk (program) yang dibuat membutuhkan petunjuk manual agar orang yang belum biasa menggunakan produk tersebut bisa mempelajari lebih dahulu, sehingga dapat terjadi interaksi yang baik antara orang itu dengan computer.

6.  Design   ( DESAIN / PERANCANGAN )

*  Dengan desain dan tampilan dari suatu interaksi akan menjadi lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna.
*  Contoh : anak-anak sudah bisa memainkan game dengan komputer karena ada banyak konteks multimedia di dalamnya (gambar, suara, teks, grafik dsb)



7.  Anthropology  ( ANTROPOLOGI )

*  Faktor antropologi memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masin-gmasing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing.
    Contoh : Perusahaan di bidang televisi memiliki 100 karyawan . Bagaimana masing-masing individu di dalam kantor tsb berinteraksi dengan teknologi, sangat menentukan masa depan perusahaan itu

8.     Sociology  ( SOSIOLOGI )

*    Pada IMK, sosiologi berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial.
*    Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi.

9.  Philosophy   ( FILSAFAT )

*  Pembuatan suatu produk(software) haruslah efisien dalam perhitungan matematika. Jika software bisa dijalankan oleh semua orang, baik yang baru belajar komputer maupun yang telah pakar, unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software itu disukai oleh banyak orang.

10.            Linguistics   ( ILMU BAHASA )

*    Peran bahasa yang digunakan sebagai antarmuka sangat penting, agar user lebih mudah menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalah pahaman.
*      Dibutuhkan komposisi bahasa yang sangat baik, yang dapat dengan mudah dimengerti oleh user.


11. Artificial Intelligence ( KECERDASAN BUATAN )

*    Kecerdasan buatan merupakan bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dengan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran.
*    Faktor ini berperan penting dalam pengembangan IMK,sehingga akan tercipta sistem yang betul-betul menyerupai pola pikir manusia.
            Contoh : Robot

TUGAS 1 MATA KULIAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar